Inilah Kota Yang Paling Berbahaya di Dunia

Inilah Kota Yang Paling Berbahaya di DuniaNyiragongo merupakan gunung api yang tingginya lebih dari tiga kilometer. Gunung ini tinggi menjulang pada sisi timur Republik Demokratik Kongo (RDK). Gunung ini salah adalah slaah satu gunung api yang paling aktif di dunia dan yang paling jarang diteliti oleh ilmuwan. Alasan utama tak adanya penelitian pada gunung ini adalah dikarenakan selama sekitar 20 tahun terakhir ini, area timur RDK hampir tanpa henti selalu dilanda peperangan, termasuk juga limpahan pembantaian dari negara tetangganya, Rwanda. Salah satu pasukan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) terbesar di dunia, sekitar 20.000 tentara, dewasa ini sedang memelihara perdamaian yang mulai rapuh di sana yang seringkali luluh lantak.

Dan dari kaki gunung api tersebut, terbentanglah kota Goma, yang terus membengkak tiap hari dikarenanakan banyak didatangi oleh penduduk desa yang mencoba menyelamatkan diri dan menghindari para pemberontak serta pasukan pemerintah. Sekitar sejuta orang saat ini tinggal secara berdesak-desakan di kota Goma. Baru-baru ini, telah terjadi dua kali letusan Gunung Nyiragongo yang menyemburkan batuan leleh yang mengalir menuju kota Goma. Perlu diketahui, Pada tahun 1977 lava dari gunung api tersebut sempat meluncur dengan deras melalui pegunungan dengan kecepatan melebihiangka 95 kilometer per jam, aliran  yang sangat cepat yang pernah diamati. Saat itu, ratusan orang dinyatakan tewas, walaupun aliran itu sudah mengeras sebelum mencapai pusat kota Goma. Dan di tahun 2002, gunung Nyiragonggo kembali menyemburkan lebih lava dengan lebih dari 11 juta meter kubik lavam menuju pusat kota Goma yang mengakibatkan 14.000 rumah hancur, mengubur bangunan sampai ke bagian atas lantai pertama, serta memaksa lebih dari 350.000 orang warga kota Goma lari untuk menyelamatkan diri.

Akan tetapi, kedua letusan tersebut bisa dikatakan hanya berakibat ringan bila dibandingkan dengan keganasan letusan yang diprediksi dapat kembali dilepaskan Gunung Nyiragongo pada letusan berikutnya. Tugas dari Dario Tedesco diantaranya adalah meramalkan akan kemungkinan meletusnya guung tersebuti. Selama sekitar 15 tahun terakhir, vulkanolog dari Italia tersebut bekerja dengan keras dalam memusatkan perhatian masyarakat ilmiah ke Gunung Nyiragongo. Berdasarkan penuturan Tedesco, tak diragukan lagi aklau gunung api tersebut akan kembali meletus, dan mungkin akan mengubah Kota Goma menjadi Pompeii masa kini.

Hey Sobat Bagi-in, sekarang anda lagi baca artikel tentang :
Inilah Kota Yang Paling Berbahaya di Dunia.
Biar Lebih Seru Silahkan Baca Artikel © Berbagi Info Unik | Download Software Gratis | Trik Internet Gratis yang lainya yah (^_^) :

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar