Tradisi Unik di Indonesia Sambut Ramadhan

Tradisi Unik di Indonesia Sambut Ramadhan - Hadinya bulan Ramadhan selalu disambut dengan suka cita oleh setiap umat muslim di seluruh Dunia, temasuk di Indonesia. Di tanah air, beberapa daerah menyambut Bulan Ramadhan dengan cara yang unik. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

 1. Meugang
Tradisi Meugang ini berasal dari daerah Aceh. 2 hari menjelang puasa, masyarakat setempat patungan untuk membeli kerbau yang kemudian disembelihnya dan dimakan bersama-sama. Orang yang lebih punya dari sisi finansial biasanya juga dapat memberikan sumbangan supaya masyarakat yang kurang mampu bisa ikut serta dalam menikmati tradisi Meugang ini.
2. Balimau
Balimau adalah tradisi dalam menyambut Bulan Puasa yang berasal dari daerah Sumatera Barat. balimau adalag bahasa minang yang artinya mandi disertai dengan keramas dengan memakai jeruk nipis (limau). Hal tersebut adalah lambang pembersihan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan. Tradisi Balimau dilakukan dengan ramai-ramai di sungai, kolam, atau danau.
3. Ngelop
Di kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, terdapat tradisi Ngelop. Ngelop merupakan kegiatan mandi ramai-ramai di laut dengan niat untuk mensucikan diri sebelum menjalani Ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ngelop biasa dilaksanakan di Pantai Ketang Kalianda saat sore sampai maghrib, bertepatan dengan saat bergantinya tanggal memasuki bulan Ramadhan.
4. Dugderan
Tradisi dugderan merupakan festival atau pasar malam yang dilakukan oleh masyarakat Semarang dan biasanya dilakasanakan satu minggu sebelum bulan Ramadhan. Banyak barang-barang yang dijual di pasar malam musiman ini. Mulai dari pakaian hingga mainan anak-anak. Ada juga wahana atau hiburan seperti komedi putar. Dikatakan, dugderan merupakan gabungan kata 'dug' (suara bedug) dan 'der' dari (suara meriam). Dua benda ini dulunya digunakan untuk menandai datangnya bulan Puasa Ramadhan.
5. Makan Kue Apem
saat bulan puasa datang, Apem seringkali menjadi konsumsi khas di Surabaya. Diperkirakan, apem berasal dari kata berbahasa Arab 'Afwan' yang berarti maaf. Sebab itu, secara simbolis apem diartikan dengan minta maaf pada keluarga, sanak saudara, dan teman. Acara makan kue apem sama-sama akan dilanjutkan dengan salam-salaman serta tahlilan.
6. Perlon Unggahan
Jelang bulan Ramadhan, di Banyumas diadakan Perlon Unggahan, yaitu acara makan besar. Dalam acara ini,Banyak makanan yang disajikan, seperti nasi bungkus, serundeng sapi, serta sayur becek. Uniknya, sayur becek dan serundeng sapi haruslah disiapkan oleh 12 Pria, dikarenakna banyaknya sapi dan kmabing yang di sembelih.

Hey Sobat Bagi-in, sekarang anda lagi baca artikel tentang :
Tradisi Unik di Indonesia Sambut Ramadhan.
Biar Lebih Seru Silahkan Baca Artikel © Berbagi Info Unik | Download Software Gratis | Trik Internet Gratis yang lainya yah (^_^) :

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar